Puluhan Tahun Mengabdi, Pulang Kampung Hasrat Bangun Tanah Kelahiran

1 0
Bagikan ke:

PAPARANLAMPUNG, Bandar Lampung – Setelah Purna Tugas dari Corp Bhayangkara sejak Februari Tahun 2021 yang lalu, sosok Irjen Pol (Purn) DR.H. Ike Edwin S.H., M.H., M.M., memilih pulang kampung halaman yakni di Kota Bandar Lampung, walaupun di Jakarta dia mempunyai rumah pribadi.

Sejak lulus Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) pada tahun 1985 atau yang sekarang menjadi Akpol, Dang Ike sapaan akrab Irjen Pol (Purn) DR.H. Ike Edwin S.H., M.H., M.M., selama hampir 40 tahun bertugas di luar Provinsi Lampung.

Mengawali karirnya di Kepolisian hingga Purna Tugas, Dang Ike telah bertugas dibeberapa wilayah di Indonesia dengan berbagai jabatan :

1. 1981 sd 1985 Taruna Akabri/Akpol.
2. 1985 dinas di polda metro jaya
3. 1987 kasat serse polres metro depok, polda metro jaya.
4. 1988 kapolsek depok, Polda metto jaya
5. 1990 kasatserse polres metro bekasi, Polda metro jaya.
6. 1992 Mahasiswa PTIK jakarta.
7. 1995 kabag ops polwil lampung, Polda sumbagsel.
8. 1995 kasatserse poltabes palembang, Polda sumbagsel
9. 1997 sespim polri lembang, Peserta sespim jabar
10. 1998 kabaops polwil besuki polda jatim .
11. 2000 kasat serse polwiltabes surabaya, polda jatim
12. 2002 kasatserse krimsus polda metro jaya.
13. 2003 kabag ekonomi polda kalsel.
14. 2004 kapolres tanah bumbu polda kalsel.
15. 2006 wadirkrimsus polda metro jaya.
16. 2007 Kepala SPN Lido Polda metto jaya.
17. 2008 kapolres metro jakarta pusat.
18 . 2009 Kapolwiltabes surabaya polda jatim.
19 . 2010 kapolrestabes surabaya polda jatim .
20 . 2009 Sespati polri peserta siswa. Jabar
21 . 2010 Dirtipikor mabes polri .
22 . 2011 Widyaiswara sespati polri.
23 . 20013 Wakapolda sulsel .
24 . 2016 Kapolda lampung .
25 . 2017 Kasespimma polri di jakarta .
26 . 2018 Stap Ahli Kapolti bidang politik.
27 . 2021 Purna tugas dr polri.

Dari penugasan dibeberapa daerah dan dalam berbagai jabatan di Kepolisian, Dang Ike juga menorehkan banyak prestasi sehingga mendapatkan berbagai penghargaan atas prestasi dan dedikasinya selama menjalankan tugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat.

Penghargaan yang didapatkan baik dari institusi polri itu sendiri maupun dari lembaga maupun instansi pemerintah diantaranya adalah, pernah mendapatkan penghargaan sebagai Kapolsek terbaik se-Indonesia, Kapolres Terbaik, Dirtipikor terbaik, bahkan mendapat penghargaan sebagai Kapolda terbaik Fenomenal dalam penyelesaian konflik di masyarakat, penurunan angka kejahatan kriminal, penurunan kejahatan narkoba dan pemersatu lintas agama,Lampung mengaji, dan yang paling sangat istimewa dan selalu diingat masyarakat dan sangat bermanfaat buat masyarakat , bekantor diluar Polda, yaitu Program ekselen police service pelayanan prima buat masyarakat, dengan menggunakan tenda milik Brimob dan sabhara, serta membawa seluruh pejabat polda menerima keluhan masyarakat langsung dengan tatap muka, menerima laporan langsung masyarakat, menyelesaian kasus-kasus yang belum tuntas, melaksanakan Restorative Justice saat menjabat sebagai Kapolda Lampung. Dengan upaya menjemput Program Bapak Presiden, Program Revolusi Mental.

Saat awak media berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Dang Ike, dan menanyakan apa konsep dan prinsip dasarnya sehingga menorehkan banyak prestasi dan mendapatkan berbagai penghargaan tersebut Dang Ike mengatakan dengan tegas dan lugas.

“Pada prinsipnya kita menjalankan tugas, pertama adalah Ibadah sekali lagi Ibadah, Ibadah, itu yang mau dibawa mati, bukan pangkat, bukan jabatan, bukan harta, lebih lebih bukan besarnya kekuasaan, dan tanggung jawab itu dengan pikiran dan hati nurani serta tidak keluar dari peraturan yang ada, baik aturan yang sudah di tetapkan di institusi Kepolisian itu sendiri, maupun aturan dan undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, serta hal-hal etika,norma, budaya yang hidup dan masih dipakai di kehidupan masyarakat, ujar Dang Ike, Senin (3/10/2022) malam.

Masih menurut Dang Ike, “Dalam menjalankan tugas saya selalu melakukan pendekatan yang baik kepada anggota maupun kepada masyarakat, dan yang lebih penting adalah menjadi seorang pemimpin itu, kita harus menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif, serta inspiratif, terlebih pungsi kita adalah sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, sehingga kita harus bisa memanfaatkan kearifan lokal, serta kita yakinkan diri kita dengan menggunakan seragam polri identitas polisi , “Bahwa Kita (Polisi ) Ini Adalah Dewa Penolong Mu Dan Kami Bagian Dari Mu Dan Aku Ingin Bersama Aku (Polisi) Bukan Musuh Mu Dan Aku Bukan Untuk Ditakuti, Menakuti Mu Dan Menyusahkan Mu, Justru Kita (Polisi) Ingin Bersama Mu, Membantu Mu Dan Menyelesaikan Apa Yang Bisa Kami Bantu,” kata Dang Ike.

Dang Ike juga menambahkan, “Yang terpenting apapun profesi, jabatan, maupun kedudukan kita, semua itu kita anggap amanah baik amanah dari pimpinan, amanah dari masyarakat dan amanah dari Allah SWT, sehingga dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita niatkan untuk ibadah,” tambah Dang Ike.

Ketika disinggung tentang apa yang akan dilakukan Purnawarman perwira tinggi polri tersebut dalam mengisi dan menjalani hari-harinya setelah Purna Tugas dari Kepolisian dia menjawab dengan simple.

“Disisa umur ini, saya ingin menjadi orang yang berguna dan bermanfaat bagi orang banyak dengan niat untuk memperbanyak ibadah sebagai bekal diakherat kelak,” imbuhnya.

Diakhir obrolan Dang Ike mengatakan bahwa, “Saya saat ini sudah menjadi masyarakat biasa, sama dengan masyarakat lainnya dan dari dulu pun saya tidak pernah minta atau di istimewakan, dipuji-puji, dikawal-kawal, dilayani dengan istimewa, untuk itu saya harus berbaur dengan masyarakat dari berbagai kalangan, terutama masyarakat kalangan bawah, masyarakat kecil dan siapa saja yg bisa saya perbuat untuk kebaikan dan berusaha untuk tetap berguna dan bermanfaat bagi masyarakat luas , sebelum ajal menjemput ,” Pungkasnya. (**)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sertijab Dandim 0410/KBL Danrem Sampaikan ; Sertijab Di Lingkungan TNI-AD Merupakan Bagian Dari Dinamika Organisas

Bagikan ke:PAPARAN […]

Baca Juga :

error: Content is protected !!