Guna Mencegah PMK, Pemkot Lakukan Penyuntikan Vaksin Dosis Pertama ke Hewan Ternak Sapi

0 0
Bagikan ke:

PAPARAN LAMPUNG, (Bandar Lampung) – Guna mencegah penyakit PMK pada sapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, mulai melakukan penyuntikan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis pertama ke hewan ternak khususnya sapi.

Melalui Kepala Dinas Pertanian Bandar Lampung, Agustini menyampaikan, walaupun tidak ada kasus, namun vaksinasi PMK dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit tersebut masuk ke wilayahnya.

“Kita memvaksin sapi yang tidak dijual, karena setelah vaksin dosis pertama akan dilakukan kembali vaksin kedua atau booster setelah 6 bulan,” kata Agustini, saat memvaksin PMK di peternakan sapi di Rajabasa Jaya, Selasa (28/6/2022).

Agustini menjelaskan , sapi yang diperbolehkan menerima vaksin PMK yakni kondisi sehat, berumur lebih dari tiga bulan dan sedang tidak mengandung.

“Untuk jumlah kita punya vaksin 300 dosis PMK yang baru diberikan oleh provinsi. Dan ini jatahnya untuk sapi dulu selanjutnya iya semoga kambing,” kata dia.

“InsyaAllah besok harus sudah abis 300 dosis ini, mangkanya hari ini teman-teman buat beberapa tim untuk melaksanakan vaksin di kota Bandar Lampung,” ungkapnya.

Menurutnya, setelah disuntikan vaksin PMK, untuk efek samping nya sendiri pastinya hewannya tambah sehat.

“Sesudah divaksin mak tidak selama 6 bulan ini tidak boleh dijual dulu, karena akan ada vaksin lagi. Karena kalau dijual dan dipotong percuma vaksin yang telah disuntikan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, sasaran sapi yang akan divaksin berada di beberapa kecamatan, seperti kecamatan Rajabasa, Sukarame, Tanjung Senang, dan Kemiling.

Sementara itu, Kelompok Peternakan Harapan Kita, Udin Sentanu mengatakan, banyak upaya yang telah dilakukan pihaknya untuk mencegah penularan PMK, seperti penyemprotan desinfektan dan selalu membersihkan kandangnya.

“Tapi saat ini, setelah 11 sapi telah tervaksin, kita tidak was-was lagi terhadap penyakit PMK tersebut. Dosen Unila juga memberikan penyuluhan eko enzim yang disemprotkan di kandang. Semoga semua ternak akan aman,” harap Udin. (Nuy)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bunda Literasi di Lampung Tengah Bersama OJk Lampung Mengedukasi Masyarakat Agar Melek Keuangan

Bagikan ke:PAPARAN LAMPUNG, (Lampung Tengah) […]
error: Content is protected !!