Ajang Krui Pro Memberikan Berkah Pada Lingkungan Sekitar

0 0
Bagikan ke:

PAPARANLAMPUNG, Pesisir Barat – Ajang Kejuaraan Selancar Internasional atau Word Surf League Krui Pro 2022 di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung memberikan berkah pada lingkungan sekitar dengan kembali meningkatnya ekonomi warga setelah terdampak pandemi COVID-19.

“Tentunya kami bersyukur, adanya Krui Pro ini dapat mengembalikan penghasilan dari menyewakan kamar pada wisatawan domestik ataupun luar negeri usai dua tahun pandemi COVID-19,” kata salah seorang warga sekitar Panta Tanjung Setia, Dicki, di Pesisir Barat, Minggu, (12/6).

Ia berharap, pemkab setempat dapat mengembangkan pariwisata serta lebih banyak melibatkan orang-orang lokal dalam setiap kegiatan.

“Tentunya kami berharap kabupaten lebih mengembangkan destinasi wisata di Krui ini dan melibatkan warga sekitar,” kata dia.

Ia mengatakan dengan berkembangnya wisata di Krui akan banyak manfaat yang didapatkan warga sekitar tidak hanya ekonomi namun juga sosial budaya dari para turis asing.

“Kalau komunikasi dengan turis mancanegara saya pakai bahasa Inggris sedikit-sedikit, kalau tidak bisa ya pakai bahasa isyarat. Keuntungannya kami di sini bisa belajar gratis bahasa Inggris dari wisatawan,” kata dia.

Ia mengatakan usaha menyewakan kamar kepada turis lokal dan mancanegara telah dilakoni sejak 2017, di mana pada waktu itu pandemi COVID-19 belum muncul, satu kamar dihargai Rp250.000 per hari.

“Sebelum pandemi COVID-19 memang penyewaan kamar di sekitaran pantai ini selalu ramai dan penuh. Tapi setelah adanya COVID-19 benar-benar sepi, alhamdulillah sekarang sudah ramai lagi, semoga Krui Pro ini merupakan awal dari kebangkitan wisata di sini,” ujarnya.

Warga lainnya di Tanjung Setia, Deviana, mengaku merasakan manfaat ekonomi dari adanya gelaran internasional di daerahnya tersebut, sebab kamar di rumahnya pun ikut disewa oleh wisatawan yang datang pada ajang Krui Pro 2022.

“Jarak rumah dari Pantai Tanjung Setia lumayan jauh, tapi masih ada yang mau menyewa kamar. Dua kamar yang disewakan karena kebetulan juga lagi kosong,” kata dia.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi berharap, Pemkab Pesisir Barat bisa membina penduduk sekitar agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

“Saya harap kawan-kawan di sini dapat membina penduduk untuk bisa menjaga keamanan. Jadi disamping ada objek wisatanya segala hal yang ada di daerah ini juga perlu pembinaan, sehingga ini bukan hanya menjadi satu tontonan saja, namun memberikan dampak positif pada warga di Krui,” katanya. (ant)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wakapolda Lampung Hadiri Pembukaan WSL Krui Pro QS 5000 Tahun 2022

Bagikan ke:PAPARAN LAMPUNG, (Pesisir Barat) […]
error: Content is protected !!